12/12/2012

Tips Sehat dan Cantik Secara Alami

Diposting oleh Unknown di 05:30
Tips Sehat dan Cantik Secara Alami - Sehat, cantik dan bugar adalah dambaan semua wanita.Terlebih seperti sekarang ini. Terkadang berbagai upaya dilakukan bahkan dengan biaya yang tidak sedikit hanya untuk tampil cantik. Selain dengan cara konsultasi ke dokter atau pergi ke salon perawatan ataupun menjaga pola makan.

Pola Makan yang kurang bagus menjadi salah satu faktor yang sangat penting untuk menjaga tetap tampil sehat bugar dan cantik.Penampilan cantik dan menarik erat kaitannya dengan kulit. Salah satu masalah saat ini yang berkaitan dengan kulit yaitu penuaan dini. Pada proses penuaan, kulit terlihat menjadi kering, kasar, kendur, terdapat bercak-bercak, timbul lipatan pada leher, berkerut, dan garis-garis ketuaan di wajah. Permasalahan kulit yang sering dialami adalah kulit kering dan kasar yang disebabkan kemunduran fungsi produksi kelenjar lemak kulit yang berkaitan dengan penurunan kadar hormon, sedangkan kulit keriput karena defisitnya jumlah serat kolagen pada lapisan dalam kulit.


Pada kesempatan kali ini Tips sehat dari Kenzoo akan memberikan beberapa contoh makanan yang bagus untuk menunjang tampil Sehat dan Cantik secara alami.


1. Lidah Buaya (Aloe vera L.)
Khasiat : untuk menghaluskan kulit, mengatasi jerawat, flek hitam, menyuburkan dan menguatkan rambut, meningkatkan daya tahan tubuh, sakit kepala, pusing, dan lain-lain.
- Lignin yang terkandung dalam gel lidah buaya mampu meresap ke dalam kulit dan menahan hilangnya cairan tubuh dari permukaan kulit, dengan demikian kulit tidak cepat kering dan terjaga kelembabannya.

2. Alpokat (Persea gratissima Gaertn.)
Buah alpukat berkhasiat melembabkan kulit kering, sariawan, dan menurunkan kolesterol (asal tidak pakai gula/madu/susu).
- Kandungan lemak pada alpukat sangat baik untuk perawatan kulit wajah, terutama kulit kering.

3. Temu Lawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb.) 
Khasiat : meningkatkan stamina, jerawat, gangguan lambung dan hati, gangguan haid, anemia, dan lain-lain
- Rimpang temulawak mengandung kurkumin yang berfungsi sebagai antiradang, hepatoprotektor (melindungi hati dari kerusakan), dan antibakteri.

4. Kiwi (Actinidia chinensis)
khasiat : meningkatkan stamina tubuh, mencegah kanker, kecantikan kulit, mempercepat penyembuhan, dan lain-lain
- Buah kiwi mengandung vitamin C yang sangat tinggi sehingga baik sebagai antioksidan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Mengkudu (Morinda citrifolia L.)
khasiat : meningkatkan stamina, kolesterol tinggi, hipertensi, kegemukan, pelembut kulit, ketombe, mencegah kanker, dan lain-lain.
- mengandung damnachanthal yang berfungsi sebagai antikanker
- mengandung terpenten yang berfungsi dalam peremajaan sel.

6. Wortel (Daucus carota)
khasiat : untuk kesehatan mata, radang kulit, mencegah kanker, meningkatkan stamina, menurunkan kolesterol, mencegah keracunan logam berat, dan lain-lain.
- Mengandung beta-karoten yang berkhasiat sebagai antioksidan, memerangi radikal bebas, dan meningkatkan kesehatan tubuh.

7. Sambiloto (Andrographis paniculata) 
Khasiat : sebagai antiradang, jerawat, hepatitis, kencing manis, bronkhitis, keputihan, demam, influenza, meningkatkan daya tahan tubuh, dan lain-lain.

8. Pegagan (Centella asiatica Urb.)
Khasiat : meningkatkan daya ingat, meningkatkan stamina, radang kulit, demam, susah tidur, bronkhitis, batuk darah, flek paru-paru, dan lain-lain mengandung Asiaticoside, asiatic acid dan madecassic acid yang mampu mempercepat pembentukan kolagen yang turut berperan dalam proses penyembuhan luka.

10. Daun dewa (Gynura pseudo-china)
Khasiat : gangguan haid, kista, meningkatkan sirkulasi darah, kolesterol tinggi, hipertensi, mencegah tumor, dan lain-lain.

11. Kencur (Kaempferia galanga)
Khasiat : meningkatkan stamina, bau mulut, batuk, masuk angin, perut kembung, nyeri haid, dan lain-lain.
Komponen etil-p-metoksisinamat yang terdapat pada minyak atsiri kencur mempunyai efek melindungi kulit.

Contoh Perawatan kesehatan secara tradisional/alamiah:

a. Meningkatkan stamina 
- 30 gram temu lawak + 30 gram kencur + 10 gram jahe, direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, tambahkan madu, lalu diminum.

b. Perawatan Kulit
1. Jerawat :
- jus daun lidah buaya + daun sirih + daun sambiloto, masing-masing secukupnya, direbus dengan air secukupnya hingga mendidih, disaring, setelah dingin dicampurkan dengan bedak beras dingin lalu digunakan sebagai masker. Air rebusan tadi juga dapat digunakan untuk membersihkan kulit wajah (sebagai cleansing)
- 30 gram temu lawak + 15 gram sambiloto, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, airnya diminum 2 kali sehari.

2.Flek hitam :
- Kentang secukupnya dibersihkan, dikupas dan dihaluskan, campurkan sedikit ragi, diaduk, lalu dimaskerkan pada kulit wajah yang terdapat flek hitam hingga kering, lalu dibilas dengan air hangat hingga bersih. Lakukan secara teratur.

3.Mencegah dan menipiskan kerut pada dahi :
- Daun lidah buaya bagian dalamnya dijus, tambahkan putih telur secukupnya, lalu oleskan seperti memakai masker pada dahi.

4.Melembabkan kulit kering
- Daging buah alpukat dilumatkan hingga lembut, tambahkan ½ sendok minyak zaitun, aduk, lalu gunakan sebagai masker, diamkan hingga kering, lalu dibilas hingga bersih.


Demikian Sedikit ulasan Tips Sehat Secara dan Cantik  Alami dari Kenzoo. Semoga bisa bermanfaat buat anda. Silahkan tinggalkan komentar anda atau klik tombol "suka" dibawah ini jika artikel kali ini menarik buat anda.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Coret Coretan Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos